Workshop Branding dan Promosi Semoga Bermanfaat untuk PPDB Tahun Depan

sdmuh1solo.sch.id – Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Tim IT Tim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta berkesempatan mengikuti kegiatan workshop pengembangan strategi promosi pengelolaan media sosial di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, Sabtu (8/4/2023).

Workshop ini diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi UAD.

Kegiatan workshop bertujuan untuk mendukung sekolah Muhammadiyah agar sukses dalam penyelenggaraan PPDB dengan pemanfaatan teknologi digital atau media sosial. Sudah waktunya sekolah Muhammadiyah bangkit, optimis, kerja keras, bersinergi, dan berkolaborasi dalam menatap kesuksesan PPDB tahun ajaran 2023/2024.

Kegiatan pembukaan diawali dengan pemateri Bambang Kusmiyanto, selaku Kepala SMP Muhammadiyah 2 Cilacap. Dalam materinya disampaikan branding dan marketing merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan untuk meraih sukses penyelenggaraan PPDB baik melalui media cetak maupun media online.

“Media promosi yang paling murah, yaitu media sosial dan kepercayaan masyarakat. Sukses penyelenggaraan PPDB dapat tercipta karena beberapa hal, di antaranya; mimpi bersama, ide dan inovasi dengan memanfaatkan momentum, branding sekolah, marketing dan promosi,” ujarnya.

Pemateri workshop berikutnya adalah Muhammad Najih Farihanto, selaku Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UAD. Tema yang diangkat mengenai “Strategi Promosi dan Pengelolaan Media Sosial Sekolah Muhammadiyah”. Menurutnya, media sosial memiliki pengaruh yang besar dalam marketing sekolah dan menekan biaya promosi.

“Media sosial memiliki karakter tersendiri, dalam pengelolaannya perlu melibatkan beberapa komponen, di antaranya; target audience, kualitas bukan kuantitas, follow the trand, hard selling / soft selling, hastag/ mention, analytic / insight medsos, dan konten yang menarik”, jelasnya.

Muhammad Najih Farihanto menambahkan, perlu adanya riset target audience yang sesuai dengan usia virtual karena hal ini sangat berpengaruh untuk konten yang disampaikan dan kunci menariknya sebuah konten ada di tiga detik pertama.

Hj Sri Sayekti SPd MPd, Kepala Sekolah, menyampaikan rasa senang dan ketertarikannya dapat turut serta mengikuti kegiatan workshop kali ini dengan mengutus tim sekolah.

“Alhamdulilah, sudah sampai Yogyakarta. Semoga bermanfaat utk PPDB tahun depan,” pungkasnya.

SD Muhammadiyah 1 Solo